Prajurit Brigif Mekanis 1 PIK/JS Peringati Hari Kesaktian Pancasila Gemakan Ikrar Kesetiaan

Peristiwa tanggal 30 September 1965 yang dikenal dengan G 30 S/PKI, merupakan peristiwa kelam yang tidak akan pernah lenyap dari lembaran sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, suatu peristiwa yang sangat memilukan dimana 6 orang Jenderal putra-putra terbaik Bangsa Indonesia telah menjadi korban kebiadaban sekelompok orang yang menamakan dirinya PKI ingin menggantikan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan paham Komunis. Gerakan ini pada akhirnya dapat dipatahkan berkat adanya rasa persatuan dan kesatuan serta kesetiaan Bangsa Indonesia kepada Pancasila.

Peristiwa ini dinyatakan sebagai Tragedi Nasional karena itu pemerintah menetapkan tanggal 30 September sebagai hari Berkabung Nasional dan besoknya pada tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Untuk memperingati terhindarnya Ideologi Bangsa Indonesia dari ancaman G 30 S/PKI dan sebagai wujud rasa syukur karena bangsa Indonesia terhindar dari kesesatan, maka Brigif Mekanis 1 PIK/JS melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Senin (1/10)

di Lapangan Upacara Brigif Mekanis 1 PIK/JS, dengan Inspektur Upacara Komandan Detasemen Markas Brigif Mekanis 1 PIK/JS , Mayor Inf Agung Harefki, diikuti oleh para prajurit Brigif Mekanis 1 PIK/JS.

Sebagai acara pokok dalam upacara peringatan tersebut adalah, pembacaan Ikrar yang pada hakekatnya merupakan suatu pernyataan dan janji kesetiaan terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara dan sebagai Ideologi Bangsa Indonesia serta sebagai suatu kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Check Also

Pengarahan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu Kepada Peserta Apel Dansat Kodam Jaya TA 2018

JAKARTA, Channel-Indonesia.com – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu memberikan pengarahan kepada …